Article Detail

Kegiatan Marketday, Pengenalan Profesi, dan Perayaan Imlek di KB-TK Tarakanita Citra Raya

Rabu, 25 Februari 2015, KB-TK Tarakanita Citra Raya mengadakan kegiatan  menarik yaitu  Market Day, Pengenalan Profesi, dan Perayaan Imlek yang dikemas dalam satu kegiatan. Tema  yang diangkat adalah "Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Pengetahuan dan persaudaraan". Bentuk kegiatan ini sangat menyenangkan bagi anak-anak karena selain menambah pengetahuan juga  menjadi pengalaman baru bagi mereka.

Ada tiga macam rangkaian kegiatan yaitu belajar mengenal mata uang, belajar berbelanja, dan pengenalan profesi memasak. Anak-anak diajak belajar memasak makana khas China yang dipandu langsung oleh orangtua siswa.

Suasana imlek begitu sangat  terasa dalam  acara tersebut karena selain banyaknya hiasan-hiasan khas imlek disetiap ruangan. Pada kesempatan tersebut anak-anak juga mengenakan baju serba merah bahkan beberapa diantaranya mengenakan baju khas budaya china.

Menurut Ibu Theresia Endang H. selaku Kepala Sekolah KB-TK Tarakanita Citra Raya, dalam kegiatan marketday ini anak-anak diajak untuk mengenal uang dan cara menggunakan uang melalui   praktek berbelanja. Adapun nilai-nilai yang mau  ditanamkan  kepada anak adalah sikap menghargai uang, berbelanja sesuai kebutuhan, dan yang terakhir adalah menanamkan sikap budaya antri dimana anak-anak diajarkan untuk tidak saling serobot saat berbelanja.

Disamping itu ada kegiatan  yang tidak kalah menarik adalah pengenalan  “Profesi  membuat  masakan khas China”. Dalam kegiatan ini anak-anak  melihat dan terlibat secara langsung dalam membuat masakan yang dipraktekan oleh orangtua siswa. Nilai yang mau kita tanamkan melalui kegianan ini adalah sikap menghargai makanan karena  makanan yang biasa disiapkan oleh orangtua tidak mudah dalam membuatnya.

Acara ini dapat berjalan  dengan baik berkat kerjasama  seluruh karyawan KB-TK TK Tarakanita Citra Raya  dan peran serta orangtua siswa yang juga ikut serta dalam mendampingi dalam mendukung proses pembelajaran.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment