Article Detail

Pelatihan Pelayanan Prima untuk meningkatkan profesionalitas, mampu memberikan pelayanan sesuai kebutuhan dan/atau bahkan melampaui harapan

Mengingat betapa pentingnya sebuah kualitas pelayanan, serta maraknya persaingan yang menuntut kualitas, Yayasan Tarakanita merasa perlu menerapkan pelayanan yang prima kepada Costumer dan menjadikan prioritas, baik berkaitan dengan peran dan tugas karyawan maupun teknik berkomunikasi yang sehat sehingga kesulitan-kesulitan dalam mengupayakan pelayanan prima dapat diatasi dengan baik. Yayasan Tarakanita memiliki komitmen yang tinggi untuk memberikan pelayanan sepenuh hati yang bersumber dari semangat pendiri yaitu Bunda Elisabeth Gruyters. Dasar Pelayanan Prima mencakup beberapa hal antara lain penampilan karyawan, sikap tubuh, berkomunikasi : menerima tamu, bertelpon, sikap guru mengajar, serta standar pengelolaan area kerja. (Sumber : Tim Pelayanan Prima Yayasan Tarakanita – Kantor Pusat. 2011. Panduan Dasar Pelayanan Prima Yayasan Tarakanita. Jakarta : Biro Personalia Kantor Pusat Yayasan Tarakanita). Oleh karena itu, Yayasan Tarakanita Wilayah Tangerang menyelenggarakan pelatihan  pelayanan prima untuk karyawan, dengan peserta pelatihan berdasarkan Rencana Pengembangan Individu (RPI) tahun 2017/2018.

Pelatihan dan review dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Mei 2018, bertempat di SD Tarakanita Gading Serpong, pukul 08.00 – 15.00 WIB. Narasumber pelatihan dari Tim Pelayanan Prima Kantor Pusat yang diwakili oleh bapak Yustinus Sumayanto, M.Pd dan bapak A. Sigit Kristiantoro, M.Pd. Peserta pelatihan meliputi karyawan PP, TU, Guru, dan seluruh  karyawan kantor wilayah, sejumlah 64 orang.

Pelatihan diawali dengan pengantar dari Kepala Kantor Sr. Yudith M. Maryani, CB, M.Pd dan dipandu oleh bapak Stanilaus Sulismoko, S.Kom. Usai penjelasan secara umum tentang Sekolah yang berorientasi kepada Costumer dan Branding, selanjutnya dibagi dalam dua kelas yaitu kelompok guru bersama dengan pak A. Sigit Kristiantoro, M.Pd  dan bu Y. Rintyastini, M.Pd, dan kelas staf TU dan PP dengan pak Yustinus Sumayanto, M.Pd dan pak Sulismoko, S.Kom.

Diharapkan dengan pelatihan dan review Pelayanan Prima akan semakin meningkatkan profesionalitas kerja karyawan, mampu memberikan pelayanan sesuai kebutuhan dan/atau bahkan melampaui harapan, dan bagi para guru mampu menampilkan citra diri yang mempresentasikan citra professional sebagai karyawan pendidik.

Y.Rintyastini, M.Pd
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment